Menteri Sosial Tawarkan Bantuan Jaminan Sosial Keluarga Kepada KPM Produktif

Agar penerima bantuan sosial mampu bangkit dari ketergantungan pemberian bantuan sosial, Menteri Sosial, Tri Risma Harini akan mengusulkan pemberian bantuan yang lebih produktif. Pernyataan itu disampaikannya kepada dua diantara penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sedang mengambil bantuan sosial di Kecamatan Kejayan pagi tadi, Senin (21/2/2022).

Adapun jenis program bantuan sosial yang ditawarkan adalah Jaminan Sosial Keluarga. Sifat dari pemberian dana tersebut  lebih kepada pemberian bantuan dana stimulan sebagai modal  usaha. Targetnya, menjadikan para penerima bantuan sosial dari Pemerintah lebih mandiri secara ekonomi. Sehingga kehidupannya dapat lebih sejahtera.

Dalam kunjungan kerjanya untuk memantau penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2021 dan Progam Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2022, Menteri Sosial mencontohkan kemandirian usaha dari penyandang disabilitas. Disebutkan bahwa masyarakat berkebutuhan khusus ternyata mampu berkarya dan menghasilkan uang, sekalipun dengan keterbatasan kemampuan fisiknya. Sehingga hal itu dapat dijadikan sebagai patokan sekaligus pelecut semangat bagi para penerima bantuan sosial supaya mampu bangkit berdikari.

Diketahui, selama tahun 2021, jumlah penerima program BPNT atau program sembako di Kabupaten Pasuruan sebanyak 130.042 KPM. Untuk percepatan supaya bantuan lebih cepat diterima, bantuan dganti menjadi uang tunai Rp 200 ribu.

Didampingi oleh Wakil Bupati Mujib Imron, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Syaiful Wijaya dan Kepala Perangkat Daerah terkait, dalam kunjungan kerjanya Menteri Sosial mengajak berdialog beberapa KPM. Sekaligus memastikan bahwa bantuan benar-benar tepat sasaran.

Berita Terkait

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Dua Desa di Kecamatan Purwodadi dan Tutur Seusai Hujan Deras

Akibat hujan deras, bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Purwodadi dan Tutur yakni Desa Lebakrejo, Desa Dawuhan Sengon, dan Desa Andonosari.

Karena bencana tersebut, bangunan rumah wargaRead More

RAKORCAM DINAS SOSIAL KAB. PASURUAN

Rakorcam, Sekta UPPKH kab Pasuruan, 26 April 2022
Dihadiri
1. Kabid Linjamsos
2. Kasie Linjamsos
3. Korkab
4. Apd
5. Korcam

Arahan Bu Ana
Banyak pengaduan kpm pkhRead More

LAUNCHING DISTRIBUSI BANTUAN BERAS TERDAMPAK PPKM DARURAT DINAS SOSIAL KAB. PASURUAN PADA MASYARAKAT SEJUMLAH 117.399 KPM

Untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai hari ini Senin (2/8/2021), Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mendistribusikan bantuanRead More

No Comments

Tuliskan Komentar